Dampak Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru di Madrasah

Main Article Content

Sri Sudiarti Maisah Maisah Aris Dwi Nugroho Abu Bakar

Abstract

Sertifikasi pendidik merupakan sebuah program yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru, atau dengan kata lain pemilikan sertifikat pendidik oleh guru merupakan representasi kualitas kinerja guru itu sendiri. Dengan adanya sertifikasi juga diharapkan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kinerja guru. Tujuan utama diadakan program sertifikasi adalah untuk meningkatkan pengetahuan, kinerja, kreatifitas, serta mampu menjalankan fungsi-fungsi lainnya yang berhubungan dengan proses belajar mengajar. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, peneliti tertarik untuk mengungkapkan fenomena ini kedalam sebuah bentuk penelitian.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah sertifikasi yang telah didapatkan guru berpengaruh terhadap kinerja guru Madrasah. Sertifikasi merupakan sarana atau instrumen untuk mencapai suatu tujuan, bukan tujuan itu sendiri. Perlu ada kesadaran dan pemahaman dari semua pihak bahwa sertifikasi adalah sarana untuk menuju kualitas. Kesadaran dan pemahaman ini akan melahirkan aktivitas yang benar, bahwa apapun yang dilakukan adalah untuk mencapai kualitas. Kalau seorang guru kembali masuk kampus untuk meningkatkan kualifikasinya, maka belajar kembali ini bertujuan untuk mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan dan keterampilan, sehingga mendapatkan ijazah sarjana.

Article Details

How to Cite
SUDIARTI, Sri et al. Dampak Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru di Madrasah. Journal of Management in Education, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 1-11, mar. 2020. ISSN 2541-2140. Available at: <http://jmie.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/jmie/article/view/61>. Date accessed: 03 july 2020.
Section
Articles